Jumat, 02 November 2012

PROSES ORGANISASI



Kelompok : Proses-proses Pembinaan
Berbagai kelompok bekrja dalam suatau organisasi sebagai kesatuan-kesatuan yang jelas. Kelompok-kelompok itu mungkin merupakan kelompok-kelompok fungsional (misalnya orang-orang produksi, orang-orang pemasaran , para peneliti dan sebagainya), atau mungkin kelompok-kelompok orang vertikal (misalnya para kepala sekolah dan para guru,para manajer senior,para pekerja  dan para penyelia, dan sebagainya). Kelompok-kelompok ini, termasuk bagiian-bagian mereka,mempunyai dinamika sendiri. Proses-proses utama yang merupaka ciri suatau kelompok berkaitan dengan pembentukan dan pembinaan kelompok sebagai suatu kesatuan.

Segi-segi utama dari proses pembinaan ialan norma-norma dan tradisi yang timbul dalam kelompok.Hal ini menyebabkan adanya saling-kait, sebagai lawan dari konflik, yang terjadi dalam kelompok. Proses pembinaan itu dalam membentuk suatu kelompok yang kua yang besar dampaknya dan dapat menanggulangi berbagai masalah. Kalau tidak, kelompok-kelompok tetap lemah dan tidak efektif. Perhatian terhadap proses-proses pembinaan seperti itu dapat membantu  usaha mempertimbangkan dan meningkatkan efektivitas kelompok-kelompok. Hal-hal ini dibicarakan dalam bab 9 dan 13.

Antar-Kelompok : Proses-proses kerjasama
Berbagai kelompok dalam organisasi bekerja bersama-sama. Mereka memikiul tanggung jawb bersama dan juga menangani masalah dalam bidang-bidang mereka sendiri.Proses utama diantar berbagai kelompok adalah kerja sama . Jika kelompok-kelompok itu mempunyai tujuan bersama , dan jika tujuan itu dianggap sebagai tujuan yang dapatt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar