Selasa, 12 Juni 2012

CITA-CITA

 PENGERTIAN CITA-CITA

Cita-cita menurut definisi adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Tidak ada orang hidup  tanpa cita-cita, tanpa berbuat kebajikan, dan tanpa sikap hidup.  Cita-cita itu perasaan hati yang merupakan suatu keinginan yang ada dalam hati. Cita-cita yang merupakan bagian atau salah satu unsur dari pandangan hidup manusia, yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Sesuatu bisa disebut dengan cita-cita apabila telah terjadi usaha untuk mewujudkan sesuatu yang dianggap cita-cita itu.

3  Faktor yang menentukan dapat atau tidaknya seseorang mencapai cita – citanya antara lain :

- Manusia itu sendiri,
- Kondisi yang dihadapi dalam rangka mencapai cita – cita tersebut,
- Seberapa tinggi cita – cita yang ingin dicapai.

2 Faktor kondisi yang mempengaruhi tercapai tidaknya cita – citanya antara lain :
- Faktor yang menguntungkan, dan
- Faktor yang menghambat.

Penyebab Cita-Cita
Banyak hal yang membuat kita memiliki cita-cita seperti kebutuhan hidup dan pergaulan hidup.Kebutuhan kita akan makan misalnya mendorong kita bercita-cita memiliki banyak makanan agar tidak kelaparan.Kebutuhan kita akan cinta misalnya mendorong kita untuk memiliki objek yang kita cintai dan ini pada sebagian orang berkembang menjadisebuah cita-cita yang sangat besar.
Kemudian dengan mencermati teori-teori dan kebutuhan manusia kita dapat membedakan beberapa penyebab cita-cita emnjad(1)cita-cita yang tumbuh karena kebutuhan-kebutuhan individual,(2)cita-cita yang tumbuh karena kebutuhan-kebutuhan social,dan(3)cita-cita yang tumbuh karena kebutuhan-kebutuhan agama.

SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar