Senin, 07 Juli 2014

Perbedaan Proposal ilmiah dan non ilmiah beserta contohnya




Perbedaan Komponen Proposal Ilmiah dan Non Ilmiah

1.      Pengertian Karangan
Menurut Lamuddin Finozza karangan adalah hasil penjabaran suatu gagasan secara resmi dan teratur tentang suatu topik atau pokok bahasan. Setiap karangan yang ideal pada prinsipnya merupakan uraian yang lebih tinggi atau lebih luas dari alinea.
A.    Karangan Ilmiah
Karangan ilmiah merupakan karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Atau dapat dikatakan karangan ilmiah merupakan laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang telah ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Karangan ilmiah memiliki ciri-ciri sehingga karangan tersebut dapat dikatakan sebagai suatu karangan ilmiah, adapun ciri-cirinya seperti berikut ini :
1)      Sistematis artinya suatu dalam menuliskan karangan ilmiah harus mengikuti suatu pola urutan tertentu.
2)      Objektif artinya penulisan karangan ilmiah harus sesuai dengan hasil yang diperoleh dari penelitian.
3)      Cermat, tepat, dan benar
4)      Tidak persuasive
5)      Tidak argumentif
6)      Tidak emotif
7)      Tidak mengejar keuntungan sendiri
8)      Tidak melebih-lebihkan sesuatu
Karangan ilmiah memiliki berbagai macam jenisnya. Berikut ini merupakan jenis karangan ilmiah:
1)      Makalah yaitu karya tulis yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data dilapangan yang bersifat empiris-objektif
2)      Laporan penelitian yaitu suatu hasil atau kesimpulan yang diperoleh melalui suatu penelitian yang dituangkan kedalam suatu laporan.
3)      Kertas kerja yaitu makalah yang memiliki tingkat analisis lebih serius biasanya disajikan dalam lokakarya.
4)      Skripsi yaitu karya tulis ilmiah yang didasarkan atas suatu landasan teori untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada. Skripsi dibuat untuk mendapatkan gelar sarjana strata satu (s1)
5)      Tesis yaitu karya tulis ilmiah yang sifatnya lebih kompleks dari skripsi. Tesis dibuat untuk mendapatkan gelar sarjana strata 2 (master).
6)      Disertasi yaitu suatu karya tulis ilmiah yang dibuat untuk mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan berdasarkan data dan fakta dengan analisis yang lebih terinci. Disertasi dibuat untuk mendapatkan gelar sarjana strata 3 (doctor)

B.     Karangan Non Ilmiah
Karangan non illmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Bahasa dalam karangan non ilmiah menggunakan kata-kata yang bermakna konotasi dan figurative, menggunakan istilah-istilah umum yang dipahami semua kalangan dan menggunakan kalimat yang kurang efektif. Adapun cirri-ciri karangan non ilmiah yaitu :
1)      Ditulis berdasarkan fakta pribadi
2)      Fakta yang disimpulkan subjektif
3)      Gaya bahasa konotatif dan popular
4)      Tidak memuat hipotesis
5)      Penyajian dibarengi dengan sejarah
6)      Bersifat imajinatif
7)      Situasi didramatisir
8)      Bersifat persuasive
Karangan ilmiah memiliki berbagai macam jenisnya. Berikut ini merupakan jenis karangan ilmiah:
1)      Dongeng
2)      Cerpen
3)      Novel
4)      Roman
5)      Anekdot
6)      Hikayat
7)      Cerber
8)      Puisi
9)      Naskah drama

C.    Perbedaan Komponen Proposal Ilmiah dan Non Ilmiah
Proposal ilmiah dan non ilmiah memiliki perbedaan komponen-komponen didalam masing-masing karya tulis tersebut. Pada proposal formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu :

1)      Bagian pendahuluan
Bagian pendahuluan terdiri dari beberapa bagian yaitu sampul dan halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, dan lembar pengesahan.
2)      Isi proposal
Isi proposal ilmiah terdiri dari beberapa bagian yaitu latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, pemikiran dasar, metodologi, fasilitas, personalia, keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
3)      Bagian Pelengkap penutup
Bagian ini terdiri dari beberapa bagian yaitu daftar pustaka, lampiran, tabel dan sebagainya.
Sedangkan proposal non ilmiah komponennya merupakan variasi bentuk lain dari bentuk proposal formal karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap seperti proposal bentuk formal.






PROPOSAL USAHA WARNET


PENDAHULUAN

Latar Belakang

Di zaman sekarang yang modern ini, banyak sekali bentuk pemanfaatan teknologi informasi di kalangan masyarakat. Salah satu dari teknologi informasi tersebut adalah internet. Internet sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat. Hamper setiap hari masyarakat terkoneksi dengan internet, entah melalui handphone maupun melalui komputer.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi telah menempatkan internet 
menjadi layaknya sebuah kebutuhan pokok. Di Indonesia kesadaran masyarakat akan internet sudah berkembang sangat pesat. Terutama bagi mereka para pelajar, mahasiswa, pengajar dan masyarakat umum lainnya. Hal ini dikarenakan sifat berita internet yang global, sehingga kita dapat terkoneksi ke seluruh jaringan di dunia, berkomunikasi dengan siapapun dan dimanapun, mendapatkan pengetahuan atau sesuatu yang kita butuhkan.
Hampir setiap golongan masyarakat menggunakan teknologi internet, mulai dari pelajar, mahasiswa, orang tua, pejabat, dan berbagai lapisan masyarakat. Pengguna internet dari tahun ke tahun tidak pernah turun. Malah bisa dikatakan pengguna internet terus bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan oleh tingginya kebutuhan informasi yang diperlukan oleh masyarakat. Akan tetapi, bertambahnya kebutuhan masyarakat internet tidak dibarengi dengan bertambahnya sarana yang dimiliki masyarakat untuk mendapatkan akses internet. Masih banyak masyarakat yang cukup susah dalam mengakses internet yang sangat mereka butuhkan. Memang, masyarakat masih bisa mengakses internet melalui handphone. Namun, tidak semua handphone mendukung fasilitas internet. Fasilitas internet yang ada di handphone tentu juga sangat berbeda dan berada di bawah layanan internet melalui komputer. Oleh karena itu, kami mencoba memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal kemudahan mengakses internet yang cepat, dekat dan murah, terjangkau bagi semua golongan masyarakat.
Bila dibandingkan dengan beberapa bisnis lain, maka jelas bahwa usaha warnet mempunyai prospek jangka panjang yang lebih baik dibandingkan dengan bisnis lain, misalnya bisnis makanan yang penggemarnya bisa naik turun sesuai dengan perubahan selera masyarakat dan bisnis lain yang hanya mengikuti tren yang sedang berkembang. Keberadaan warnet di sekitar masyarakat terutama pelajar juga membantu mereka menerapkan perkembangan teknologi yaitu komputer dan internet. Keberadaan warnet juga akan dapat membantu kegiatan belajar pelajar maupun mahasiswa.


Tujuan
Tujuan dari pendirian usaha warnet ini adalah :
·         Memudahkan masyarakat mengakses internet secara lebih cepat.
·         Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi informasi terutama internet.
·         Menciptakan lapangan kerja
·         Mendapatkan profit.
·         Sebagai lahan berwirausaha.


Manfaat
Manfaat dari usaha warnet ini adalah masyarakat dapat memperoleh akses internet yang lebih mudah. Masyarakat pun dapat terbantu dengan adanya fasilitas internet ini terutama pelajar yang membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang luas. Internet dapat memberikan banyak sekali informasi kepada pelajar untuk membantu mengerjakan berbagai tugas sekolah mereka.
Tidak hanya pelajar yang akan terbantu dengan adanya warnet ini. Masyarakat umum juga dapat terbantu dalam hal komunikasi seperti menggunakan email dan akses informasi yang mudah. Dengan adanya warnet ini, masyarakat di sekitarnya juga akan meningkat kemampuannya dalam hal pengoperasian teknologi yaitu komputer.
  

PRODUK DAN PRODUKSI


PRODUK

Produk yang kami tawarkan adalah layanan internet berkecepatan tinggi dengan keterangan sebagai berikut:
·         Koneksi internet dengan kecepatan yang sama untuk tiap computer.
·         Komputer client sebanyak 10 unit dan computer admin atau server sebanyak 1 unit
·         Perangkat jaringan. 
·         Sistem operasi Windows 7 Ultimate.
Kami mencoba memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dengan fasilitas internet yang dilengkapi hardware dan software yang canggih. Kami juga memberikan konsumen sistem paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan hak akses satu jam gratis. 

Produksi


Nama Usaha
Warnet tersebut akan kami beri nama “United-Net”. 

Waktu Usaha
Warnet ini beroperasi dari jam 08.00 WIB – 22.00 WIB.


Rencana Lokasi 
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang sebagai berikut : 
·         Lokasi dekat dengan kawasan sekolah, baik itu SMA maupun SMP.
·         Lokasi berada di pusat keramaian.
·         Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

Pada satu minggu awal usaha, akan kami adakan promosi dengan memberi potongan harga untuk pelanggan. Untuk seterusnya, kami juga memberikan konsumen sistem paket dengan harga yang lebih hemat dan sistem point jika konsumen telah 10 kali berkunjung maka mendapatkan hak akses satu jam gratis. Warnet juga akan dilengkapi dengan kamera pengawas / CCTV demi keamanan dan terciptanya suasana kondusif di dalam warnet.


PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI
DAN LABA RUGI

Perkiraan kebutuhan modal
1.     Komputer 11 unit @Rp 3.000.000,-                                                   Rp 33.000.000,-
2.     Internet Access Sharing 1 unit @Rp 2.000.000,-                               Rp   2.000.000,-
3.     UPS 600 VA 1 unit @Rp 750.000,-                                                   Rp      750.000,-
4.     Modem US Robotic 1 unit @Rp 1.100.000,-                                     Rp   1.100.000,-
5.     HUB 16 port @Rp 700.000,-                                                             Rp      700.000,-
6.     Kabel UTP RJ-45 50 meter @Rp 5.500,-                                           Rp      275.000,-
7.     LAN Card 11 buah @Rp 150.000,-                                                   Rp   1.650.000,-
8.     Sound Card 11 buah @Rp 125.000,-                                                 Rp   1.375.000,-
9.     Biaya instalasi Server 1 unit @Rp 150.000,-                                      Rp      150.000,-
10.                         Biaya instalasi Client komputer 10 unit @Rp 25.000,-                     Rp      250.000,- +
Rp 41.250.000,-

Perkiraan biaya produksi (per bulan)
Beban:
1.      Biaya akses internet                                                                            Rp 4.500.000,-
2.      Pemeliharaan                                                                                       Rp    300.000,-
3.      Biaya ATK                                                                                          Rp    100.000,-
4.      Biaya listrik                                                                                         Rp    500.000,-
5.      Gaji Karyawan                                                                                    Rp    400.000,- +
Rp 5.800.000,-

Pendapatan:
1.      Jasa Akses Internet                                                                             Rp 6.720.000,-
(10 x 8 jam x Rp 3.000 x 28 hari)
2.      Jasa Print Out                                                                                      Rp    100.000,- +
Rp 6.820.000,-
Perkiraan laba
Pendapatan:                            Rp 6.820.000,-
Beban:                                     Rp 5.800.000,- -
                                      Rp 1.020.000,-
Perkiraan laba selama satu tahun adalah 12 x Rp 1.020.000,- = Rp 12.240.000,-. Dari laba tersebut akan digunakan untuk pengembangan usaha seperti penambahan komputer atau untuk meng-upgrade piranti-piranti yang ada maupun membeli peralatan pendukung yang lain.
           

 PENUTUP


Demikian proposal yang kami buat. Semoga langkah yang kami ambil dalam usaha ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan serta memajukan ekonomi Indonesia. Proposal ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak instansi terkait untuk memberikan bantuan dana serta bimbingan teknis dalam pengelolaan warnet nantinya.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita semua. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih banyak, dan mohon maaf bila terdapat banyak kesalahan dalam prposal ini.



sumber :http://jtkristiano.blogspot.com/2013/12/contoh-proposal-usaha-sederhana_17.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar